Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Mahasiswa Di Abad 21

Afifah Widyaningrum, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Afif Syahputra, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Arief Nurrahman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Perkembangan teknologi dan globalisasi telah mengubah lanskap dunia kerja dan kehidupan sosial, menjadikan keterampilan abad 21 sebagai kunci kesuksesan bagi individu di era modern. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian keterampilan mahasiswa yang valid dan reliabel sesuai dengan tuntutan zaman di abad 21. Proses pengembangan instrumen menggunakan metode Research and Development (R&D). Data diperoleh melalui uji coba pada sampel 51 mahasiswa dengan purposive random sampling. Hasil analisis menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan terbentuk tujuh faktor yang dinyatakan valid secara isi berdasarkan hasil expert judegement 3 ahli dengan rentang nilai Aiken V 0.75-0.92. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan alat ukur yang dapat membantu pendidik mengevaluasi dan mengembangkan keterampilan abad 21 pada mahasiswa secara efektif.

Keywords


Keterampilan Abad 21, Pengembangan Instrumen, Penilaian

Full Text:

PDF

References


Aiken. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/001316448545101

Asri, I. H., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). Kompetensi Abad 21 Sebagai Bekal Menghadapi Tantangan Masa Depan. Kappa Journal, 7(1), 97–107.

Azwar, S. (2018). Reliabilitas dan Validitas.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis. In Vectors. https://doi.org/10.1016/j.ijphar m.2011.02.019

Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., & Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Using R. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-80519-7

Ihsan, H. (2016). Validitas Isi Alat Ukur Penelitian Konsep Dan Panduan Penilaiannya. PEDAGOGIA Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(2), 266. https://doi.org/10.17509/pedago gia.v13i2.3557

Khoerunisa, E., & Habibah, E. (2020). Profil Keterampilan Abad 21 (21st Century Soft Skills) Pada Mahasiswa. Iktisyaf: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Tasawuf, 2(2), 55–68.

Lamb, S., Maire, Q., & Doecke, E. (2017). Key Skills for the 21st Century: An Evidence-Based Review. Education: Future Frontiers, 1–71.

Mardapi, D. (2017). Pengukuran, penilaian dan evaluasi pendidikan “Measurement, assessment and evaluation of education. Penerbitan Parama.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan SUmber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa dan Psikometri). www.nuhamedika.gu.ma

Sahin, A., Yoon, M., & Kim, M. (2019). The Development and Validation of a 21st Century Skills Instrument: Measuring Secondary School Students’ Skills. Journal of Research in Science, Mathematics and Technology Education, 2(2), 85–103. https://doi.org/10.31756/jrsmte. 223


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Afifah Widyaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.