Implementasi Model Pembelajaran Sinetik di SMAN 8 Muaro Jambi

Mhd Zavi Aldiyansyah, Universitas Jambi, Indonesia
Liza Agustina, SMA 8 Muaro Jambi, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model pembelajaran sinektik di SMAN 8 Muaro Jambi terhadap pembelajaran Pendidikan fisika. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis kualitatif dimana peneliti melakukan studi kasus di SMAN 8 Muaro Jambi. Dalam studi kasus yang dilakukan peneliti, pengumpulan data dilakukan dengan cara walk in interview kepada salah satu guru pendidikan fisika di SMAN 8 Muaro Jambi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis Miles-Humerman dan Teknik, dimana peneliti mengolah data hasil untuk melakukan analisis hasil. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada pembelajaran fisika di SMAN 8 Muaro Jambi, guru tersebut tidak mengetahui model pembelajaran sinektik karena dari hasil analisis peneliti, guru di SMAN 8 Muaro Jambi tidak menjalankan sintaks dari model pembelajaran sinektik

Keywords


Model Pembelajaran, Pendidikan Fisika, Sinetik

Full Text:

PDF

References


Agustina, S., Pasaribu, M., & Saehana, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 4(2), 42. https://doi.org/10.22487/j258 05924.2016.v4.i2.6059

Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2016). Models Of Teaching; Model-model Pengajaran (R. K. Pancasari (ed.); nineth). Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 265 -267

Kurniawan, E. S. (2023). Strategi Jembatan Konsep Analogi Untuk Meningkatkan PyHOTS Peserta Didik Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS), 4(1), 26–35.

Nurnaningsih, A., Norrahman, R. A., & Wibowo, T. S. (2023). Pemberdayaan Sumber Daya Manusia dalam Konteks Manajemen Pendidikan. Journal of International Multidisciplinary Research, 1(2), 221–235.

Rabiudin, R. (2023). Sintesis Keterampilan Guru Mengajar Literasi Sains Melalui Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 4(1), 21–30.

RAMBE, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Diksi Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Dharmawangsa Medan. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 18. https://doi.org/10.31604/linguistik. v4i1.18-29.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Mhd Zavi Aldiyansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.