Pengaruh Perilaku Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Selama E-Learning
Dewi Rohimma, , Indonesia
Aninda Faradilla Sari, , Indonesia
Devi Puspa Novitasari, , Indonesia
Rini Puspitasari, , Indonesia
Abstract
Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran yang semula dilaksanakan secara tatap
muka menjadi online atau e-learning. Universitas Negeri Yogyakarta menyelenggarakan pembelajaran online atau e-learning ini melalui besmart atau platform lain yang mendukung. Dalam mencapai keberhasilan pembelajaran online, seringkali terhambat karena perilaku mahasiswa yang sering menunda-nunda tugas atau disebut prokrastinasi. Selain itu, tidak sedikit mahasiswa mengalami stress akibat perilaku tersebut sehingga mempengaruhi motivasi belajar selama e-learning. Mempertimbangkan dampak prokrastinasi yang ditimbulkan cukup signifikan maka, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai prokrastinasi akademik, stress akademik dan motivasi belajar. Apabila mahasiswa terus menerus berperilaku prokrastinasi atau menunda-nunda maka tekanan yang dialami mahasiswa akan bertambah dan akan berpengaruh terhadap kurangnya semangat belajar. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh perilaku prokrastinasi akademik dan stress akademik terhadap motivasi belajar mahasiswa FE UNY selama E-learning. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian ini termasuk ke dalam penelitian expost facto. Penelitian ini merupakan penelitian yang memiliki sifat expost-facto karena data yang digunakan merupakan data dari peristiwa yang telah terjadi atau berlangsung, sehingga peneliti hanya mengungkap fakta berdasarkan pengukuran gejala yang telah ada pada responden (Arikunto, 2010). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku prokrastinasi akademik dan stress akademik terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta selama e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh antara Perilaku Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya pengaruh Perilaku Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik terhadap Motivasi Belajar sebesar 5,3%, selebihnya sebesar 94,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Aurora, A., & Hansi, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E- Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), V(2), 11-16.
Barseli, M., & Ifdil. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan, V(3), 143-148.
Barseli, M., Riska, A., & Ifdil. (2018). Hubungan Stres Akademik siswa dengan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia, IV(1), 40-47.
CNN Indonesia. (2020, Oktober 11). Retrieved Juni 8, 2021, from VIDEO: Tantangan Dunia Pendidikan Saat Pandemi Covid-19 (1/5):
https://www.cnnindonesia.com/tv/20201011142209-411 557057/video-tantangan-dunia-pendidikan-saat-pandemi-covid-19--1-5-
Dwihartanti, M., Siti, U., & Arwan, N. R. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning di Fakultas Ekonomi UNY. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, XV(2), 51-63.
Febianti, Y. N. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar Dengan Pemberian Reward And Punishment Yang Positif. Jurnal Edunomic, VI(6), 93-102.
Goff, A. (2011). Stressors, Academic Performance, and Learned Resourcefulness in Baccalaureate Nursing Students. International Journal of Nursing Education Scholarship, VIII(1), 923-1548.
Gunadha, R., & Rahmayunita, H. (2020, April 16). Retrieved Juni 8, 2021, from Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa Miskin: https://www.suara.com/news/2020/04/16/130712/kuliah-online-saat-corona-picu-ketimpangan-akses-bagi-mahasiswa-miskin
Hamzah, B., & Rahmawati, H. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa STIKES Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, IV(2), 59-67.
Hayati, A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Pai Pekerja Part Time Terhadap Pencapaian Prestasi Belajar.
Kompas. (2020, April 10). Retrieved Juni 8, 2021, from Hambatan dan Solusi Belajar dari Ruma: https://muda.kompas.id/baca/2020/04/10/hambatan-dan-solusi-saat-belajar-daring-dari-rumah/
Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Konseling GUSJIGANG, III(1), 97-103.
Maudiarti, S. (2018). Penerapan E-Learning Di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, XXXII(2), 54-68.
Mustofa, M. I., Chodzirin, M., Sayekti, L., & Fauzan, R. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi. Walisongo Journal of Information Technology, I(2), 151.
Pertiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, V(11), 738-749.
Purnama, S. (2014). Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, V(11), 682-692.
Rachmawati, & Andrameda, N. (2015). Hubungan Asertivitas dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Wisnuwardhana Malang. Jurnal Psikovidya, XIX(1), 33-39.
Rahmawati, S., Indriayu, M., & Sabandi, M. (2017). Pengaruh Tekanan Akademik terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 1-16.
Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, VI(2).
Rumiani. (2006). Prokrastinasi Akademik ditinjau dari Motivasi Berprestasi dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi Universitas Diponegoro, III(2).
Sagita, D. D. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Bikotetik, I(2), 37-72.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Suharni, & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling, III(3), 131-145.
Sujadi, E. (2021). Stres Akademik dan Motivasi Belajar Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 29-41.
doi:http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v4i1.12679
Ulum, M. I. (2016). Strategi Self-Regulated Learning untuk Menurunkan Tingkat Prokrastinasi Akademik Siswa. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, III(2), 153-170.
Yusuf, N. M., & dkk. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik. Psyche 165 Journal, XXIII(2), 235-239.
Yusuf, S. (2019). Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas V Gugus V Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, XII(1), 8-14.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cantik Anjani, Dewi Rohimma, Aninda Faradilla Sari, Devi Puspa Novitasari, Rini Puspitasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.