SELF-REGULATED LEARNING DAN LINGKUNGAN KAMPUS SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN MINAT PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA BAGI MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2018-2020
Agnesti Cahya Diartyani, , Indonesia
Andita Septianing Wahdani, , Indonesia
Afandi Fajar Ramadhan, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh self-regulated learning dan
lingkungan kampus terhadap minat Program Kreativitas Mahasiswa bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2018-2020. Pengumpulan data dilakukan lewat kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum 42,7%. Minat PKM Mahasiswa dipengaruhi oleh Self-Regulated Learning dan Lingkungan Kampus secara bersama-sama, selebihnya sebesar 57,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa hipotesis Self-Regulated Learning dan Lingkungan Kampus secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap peningkatan Minat PKM Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNY angkatan 2018-2020” diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fasikhah Siti S dkk. (2013). “Self-Regulated Learning (Srl) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa” Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Volume 01. Hal. 147.
Curahman. (2020). “Pengaruh Lingkungan Kampus, Motivasi Mahasiswa Dan Faktor-Faktor Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Di Kabupaten Subang”. Prisma. Volume 01 Nomor 04. Hal: 99-111.
Ghozali, I. (2011). Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: BP UNDIP. Gunarso. (1995). Pengertian Minat (Online), halaman 1. Dalam https://creasoft.files.wordpress.com/2008/04/2minat.pdf. Diakses pada 29 Mei 2021 pukul 19.00.
Muhson, A. (2015). Modul Penelitian SPSS. Yogyakarta: FE UNY.
Nur Ghufron M. N., dkk. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.
R, Nurlaili Rachma. (2015). “Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga dalam Mengajukan Proposal PKM”. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rizki Kurniawan. (2013). “Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Semarang”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Sadewa, Prima. (2018). “Pengaruh Lingkungan Kampus Dan Motivasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Pamulang”. JURNAL MADANI: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Humaniora, Vol. 1, No. 1. Hal: 211 – 234.
Smet, B. (1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: Grasindo.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, D. (2011). Analisis regresi dan uji hipotesis. Yogyakarta: CAPS. Tim Penyusun. (2021). Pedoman Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Jakarta: Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Utami, Lucia Tri. (2017). “Pengaruh Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), Pemahaman tentang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dan Kreativitas Mahasiswa Terhadap Mahasiswa Mengikuti PKM". Skripsi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Saila Rizqi, Agnesti Cahya Diartyani, Andita Septianing Wahdani, Afandi Fajar Ramadhan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.