MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING MELALUI KULIAH KERJA LAPANGAN PENDIDIKAN SEJARAH FIS UNY DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

EZHA CITRA WIDYA CANDRA, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Bagaimana motivasi belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 3 Pendidikan Sejarah FIS UNY, (2) Hambatan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning melalui Kuliah Kerja Lapangan Pendidikan Sejarah FIS UNY ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi dengan responden berjumlah 89 mahasiswa Pendidikan Sejarah FIS UNY angkatan 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dan wawancara. Uji validitas instrumen penelitian berdasarkan uji validitas internal dan uji validitas eksternal. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik analisis data statistik deskriptif. 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Motivasi belajar mahasiswa melalui model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 3 Pendidikan Sejarah FIS UNY berada dalam kategori baik (74,16%). Kategori tersebut diperoleh dari perolehan mean mahasiswa Pendidikan Sejarah angkatan 2013 yang berjumlah 89 responden dengan nilai 76,6 dengan rincian mean kelas A sebesar 76,16 dan mean kelas B sebesar 75,95.; (2) Hambatan utama yang dialami mahasiswa Pendidikan Sejarah angkatan 2013 pada model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Kuliah Kerja Lapangan (KKL) 3  Pendidikan Sejarah FIS UNY ditinjau dari motivasi belajar mahasiswa berasal dari mahasiswa peserta KKL 3 (35,95%). Hambatan tersebut terdiri dari sulitnya mahasiswa menjaga kondisi kesehatan, perjalanan yang jauh dan jadwal yang padat membuat mahasiswa kelelahan, mahasiswa terlalu asyik berfoto tidak memperhatikan materi, mahasiswa menganggap KKL 3 sebagai liburan, serta mahasiswa sulit dikondisikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto