PENERAPAN MODEL MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINTAN KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dinar Rifa’,

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah XI IPS 1 SMA Negeri 1 Depok Sleman Yogyakarta melalui model pembelajaran mind mapping dan mengetahui kendala dalam penerapan model mind mapping dalam pembelajaran sejarah pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Depok. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kurt Lewin yang dilakukan dalam 3 siklus. Dalam setiap siklus dilakukan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan model mind mapping dalam pembelajaran sejarah pada siklus I penerapan mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Depok hal ini ditunjukan dengan dengan hasil angket sebesar 75,79%. Kemudian pada siklus II dengan penambahan gambar dan spidol warna mampu mengoptimalkan motivasi belajar siswa dengan hasil angket sebesar 77,77%. Pada siklus III dengan penambahan reward, penerapan mind mapping sangat optimal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dengan hasil angket sebesar 80,31%. (2) Model mind mapping memiliki kelebihan yaitu, siswa semakin aktif, tidak bosan, siswa lebih mudah mempelajari materi pelajaran. (3) Kendala penerapan model mind mapping yaitu kelas jadi kurang teratur.

 

Kata Kunci: Motivasi belajar, mind mapping, pembelajaran sejarah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto