KREATIVITAS GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fikar Aditya Baskoro,

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Bantul yang menuntut guru kreatif dalam pembelajaran dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kreativitas guru sejarah dalam menanamkan karakter dalam pembelajaran sejarah, (2) kendala yang dihadapi dalam menanamkan karakter dalam pembelajaran sejarah dan (3) cara mengatasi kendala tersebut di SMA Negeri 2 Bantul. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru sejarah dan perwakilan peserta didik SMA Negeri 2 Bantul yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles and Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kreativitas guru sejarah dalam menanamkan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bantul berupa merubah paradigmanya dari pengajar menjadi pendidik, memasukkan nilai-nilai kehidupan kepada peserta didik dengan cara memberikan materi tentang peristiwa sejarah kemudian menghubungkannya dengan kondisi sekarang untuk mempermudah pemahaman pembelajaran sejarah dan menggunakan metode yang berbeda-beda dalam pembelajaran  menyesuaikan dengan materi yang diajarkan agar mempermudah penanaman nilai-nilai karakter (2) kendala yang dihadapi yakni paradigma peserta didik menganggap mata pelajaran sejarah membosankan, bukan mata pelajaran UN, bukan sebagai ilmu bergengsi, dan tidak menjanjikan  masa depan yang materialistis (3) cara mengatasi kendala tersebut guru memberikan pembinaan, nasihat serta teguran agar diharapkan pihak sekolah dalam rangka penanaman nilai-nilai karakter tertanam kepada peserta didik.

 

Kata Kunci: Karakter, Kreativitas Guru, Pembelajaran Sejarah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto