PENGEMBANGAN ELECTRONIC MODULE (E-MODULE) PEMBELAJARAN SIMULASI DIGITAL PADA MATERI BLENDER UNTUK SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KLATEN

Wafa Wijayanti Afdila, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module pembelajaran Simulasi Digital pada materi Blender untuk siswa kelas X SMK Negeri 1 Klaten, dan mengetahui kelayakan e-module. Penelitian dilakukan dengan pendekatan penelitian dan pengembangan serta mengacu pada model pengembangan ADDIE(Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah 36 siswa dari kelas X MM 1 SMK Negeri 1 Klaten. Penelitian ini melibatkan 2 ahli materi dan 2 ahli media untuk pengujian kelayakan e-module pembelajaran. Hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa: (1) e-module pembelajaran Simulasi Digital pada materi Blender telah dikembangkan sebagai bahan ajar yang mendukung kegiatan belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Klaten, (2) e-module telah memenuhi uji kelayakan sebagai bahan ajar yang mendukung kegiatan belajar siswa dengan rata-rata skor 3,07 yang termasuk kategori sangat baik oleh ahli materi, dan rata-rata skor 3,54 yang termasuk kategori sangat baik oleh ahli media, serta respon siswa terhadap e-module memperoleh hasil sangat baik dengan rata-rata skor 3,52, sehingga e-module tersebut layak digunakan dalam kegiatan belajar siswa.
Kata Kunci: Pengembangan, Kelayakan, E-Module, Blender, Simulasi Digital.


Abstract
The purposes of this study are to develop an E-Module of Digital Simulation Learning on Blender Material for 10th Grade Students in SMK N 1 Klaten, and to determine the eligibility of the E-Module. The study was conducted by the research and development approach with the development model used is based upon the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The subject of the study were 36 students in Multimedia Class SMK N 1 Klaten. The study involved 2 media experts and 2 material experts to evaluate the eligibility of the e-module. The result of the study show that : (1) the learning module developed into an E-Module of Digital Simulation Learning on Blender Material for 10th Grade Students in SMK N 1 Klaten, (2) e-module has met eligibility testing as teaching materials to support students learning activities with an average score 3,07 which is categorized as excellent by material experts, and has met eligibility testing as teaching medias with an average score 3,54 which is categorized as excellent by media experts, and the student’s respons toward e-module is categorized as excellent with an average score 3,52.
Keywords : Development, Eligibility, E-module, Blender, Digital Simulation


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i7.5308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.