PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE WWW.W3SCHOOLS.COM TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGAMAN WEB DI SMK NEGERI 1 BAWANG
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan website www.w3schools.com dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran pemrogaman web di SMK Negeri 1 Bawang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 orang dan siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak 2 sebagai kelas kontrol. Total siswa dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 siswa SMK Negeri 1 Bawang kelas X Rekayasa Perangkat Lunak.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa pretest dan posttest. Metode uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji daya beda, dan uji taraf kesukaran. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda(Uji-T).
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran pemrogaman web yang menggunakan website www.w3schools.com dengan yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dilihat dari hasil Uji-T dengan taraf siginifikasi kurang dari 0,05.
Kata Kunci :Pengaruh, Pemrogaman Web, Prestasi Belajar
Abstract
This research aims to detemine difference of learning achievement student use a www.w3schools.com website with student use a conventional methods on progaming web course at SMK Negeri 1 Bawang. This research is a quasi experimental study. Research subject is student of X Software Engineering 1 class as experimental class as much as 38 person and student of X Software Engineering 2 class as control class as much as 35 person. Amount of student on this research is 73 person SMK Negeri 1 Bawang X Software Engineering class.
The instrument use on this research is pretest and posttest.the methods of instrument test on this research is validity test, reliabillity test, different power test, and level of difficulty test. Data analysis techniques use on this research is normality test, homogeneity test, and different test(T-Test).
Result of the research can be conclude that there is a different learning achivement on progaming web course use a www.w3school website with use a conventional methods. It is seen be result of T-Test with signification grade less than 0,05.
Keywords : The Influence, Progaming Web, Learning Achievement
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang menggunakan website www.w3schools.com dengan siswa yang menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran pemrogaman web di SMK Negeri 1 Bawang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak 1 sebagai kelas eksperimen sebanyak 38 orang dan siswa kelas X Rekayasa Perangkat Lunak 2 sebagai kelas kontrol. Total siswa dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 siswa SMK Negeri 1 Bawang kelas X Rekayasa Perangkat Lunak.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa pretest dan posttest. Metode uji instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji realibilitas, uji daya beda, dan uji taraf kesukaran. Teknik analisis data yang diguanakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji beda(Uji-T).
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar pada mata pelajaran pemrogaman web yang menggunakan website www.w3schools.com dengan yang menggunakan metode konvensional. Hal ini dilihat dari hasil Uji-T dengan taraf siginifikasi kurang dari 0,05.
Kata Kunci :Pengaruh, Pemrogaman Web, Prestasi Belajar
Abstract
This research aims to detemine difference of learning achievement student use a www.w3schools.com website with student use a conventional methods on progaming web course at SMK Negeri 1 Bawang. This research is a quasi experimental study. Research subject is student of X Software Engineering 1 class as experimental class as much as 38 person and student of X Software Engineering 2 class as control class as much as 35 person. Amount of student on this research is 73 person SMK Negeri 1 Bawang X Software Engineering class.
The instrument use on this research is pretest and posttest.the methods of instrument test on this research is validity test, reliabillity test, different power test, and level of difficulty test. Data analysis techniques use on this research is normality test, homogeneity test, and different test(T-Test).
Result of the research can be conclude that there is a different learning achivement on progaming web course use a www.w3school website with use a conventional methods. It is seen be result of T-Test with signification grade less than 0,05.
Keywords : The Influence, Progaming Web, Learning Achievement
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i4.4695
Refbacks
- There are currently no refbacks.