PENERAPAN MODEL EVERYONE IS TEACHERS HERE UNTUK MENGETAHUI TINGKAT PARTISIPASI SISWA PADA PEMBELAJARAN JARINGAN DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TKJ DI SMK NEGERI 1 BAWANG BANJARNEGARA

Aditia Nuswantara, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Partisipasi siswa sangat penting dalam pembelajaran. Banyak faktor yang mempengaruhi partisipasi siswa, diantaranya penggunaan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat merangsang siswa untuk berpartisipasi dalam pembelajaran yaitu model pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran Everyone is Teachers Here (ETH) pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. 2) partisipasi siswa antara yang menggunakan model pembelajaran Everyone is Teachers Here (ETH) dengan model konvensional pada siswa kelas X TKJ di SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Bawang Banjarnegara, pada bulan Oktober 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara dengan jumlah seluruhnya 471 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive random sampling, dan terpilih kelas X TKJ A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi. Uji coba instrumen meliputi Uji validitas dan uji reabilitas. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment yang menunjukkan instrumen lembar observasi dinyatakan valid dan dapat digunakan untuk penelitian. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Crornbach yang menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,0880 sehingga dinyatakan reliable dan layak digunakan untuk penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji-t.
Partisipasi siswa yang menggunakan model pembelajaran Everyone is Teachers Here (ETH) berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar pada kategori sangat aktif sebanyak 29 siswa (85,3%). Sementara partisipasi siswa dengan model konvensional pada kategori aktif hanya sebanyak 3 siswa (9,1%). Hal ini dibuktikan dari nilai thitung pada partisipasi siswa sebesar 29,034 dan ttabel pada df 65 sebesar 2,000 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai taraf signifikansi 5% (0,000<0,05).
Kata kunci: Everyone is Teachers Here, partisipasi siswa

Abstract

The students' participation is very important in learning. Many factors influence student participation, including the use of the learning model. One model of learning that can stimulate students to participate in learning the model of learning Everyone is a Teacher Here (ETH). This study aims to determine: 1) the application of learning models Teachers Everyone is Here (ETH) in class X TKJ SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara. 2) participation among students who use learning models Teachers Everyone is Here (ETH) with a conventional model in class X TKJ SMK Negeri 1 Bawang Banjarnegara.
This study is a quasi-experimental study with a quantitative approach. This study was conducted in SMK N 1 Bawang Banjarnegara, in October 2015. The population in this study were students of class X SMK 1 Bawang Banjarnegara with a total of 471 students. The sampling technique used purposive random sampling, and was elected class X TKJ as an experimental class A and class B X TKJ as the control class. Collecting data using observation sheet. Test instrument covering Validity and reliability testing. Test the validity of using the formula product moment correlation indicates otherwise valid observation sheet instruments and may be used for research. Alpha reliability testing using the formula Crornbach showing the reliability value of 0.0880 so declared reliable and fit for use for research. Data were analyzed using t-test.
The participation of students who use learning models Teachers Everyone is Here (ETH) is based on the results of the study showed that most of the category of very active as many as 29 students (85.3%). While the participation of students with conventional models in the active category only 3 students (9.1%). This is evidenced from the value t count on the participation of students at 29.034 and ttable on df 65 by 2,000 and the significant value of 0.000 less than the significance level of 5% (0.000 <0.05).
Key words: everyone is teachers here, student participation




DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i2.4671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.