PENGARUH KESIAPAN KERJA, POLA ASUH ORANG TUA, PELAJARAN ADAPTIF, DAN PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI PRAKERIN

Lucky Amelia, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan kerja, sebaran jenis pola asuh orang tua, dan mendeskripsikan pengaruh kesiapan kerja siswa, pola asuh orang tua, mata pelajaran adaptif, dan produktif terhadap prestasi praktik kerja industri siswa kelas XII program keahlian multimedia SMK Negeri 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kesiapan kerja siswa berada pada kategori tinggi sebanyak 63,33%; (2) pola asuh orang tua siswa dominan menerapkan pola asuh autoritatif dengan nilai sebesar 46%; (3) kesiapan kerja siswa berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sebesar 48,6%; (4) pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sebesar 26%; (5) mata pelajaran adaptif berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sebesar 19,1%; (6) mata pelajaran produktif berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin sebesar 24,4%; (7) kesiapan kerja, pola asuh orang tua, mata pelajaran adaptif, dan produktif secara bersama berpengaruh positif terhadap prestasi prakerin dengan sumbangan efektif sebesar 69,5%.
Kata Kunci: pengaruh, kesapan kerja, pola asuh orang tua, mata pelajaran, adaptif, produktif, praktik kerja industri

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i1.4534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.