PENGEMBANGAN WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DAN PENJUALAN PRODUK KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS XI TKJ SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Rahmatul Irfan, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Dalam proses pembelajaran kewirausahaan di SMK, sering terjadi masalah pada saat kegiatan praktek,
khususnya dalam tahap pemasaran dan penjualan produk hasil kewirausahaan. Hal ini disebabkan oleh
kurangnya pemanfaatan media untuk promosi serta terbatasnya dana untuk menyewa lapak berjualan. Penelitian
ini bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan (1) Mengembangkan website e-commerce produk
kewirausahaan siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Yogyakarta. (2) Mengetahui tingkat kelayakan dari website ecommerce
tersebut berdasarkan standar ISO/IEC 25010. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
Research and Development (R&D) dengan pengembangan website menggunakan model Rational Unified
Process (RUP) yang terdiri dari tahap inception, elaboration, construction, dan transition. Hasil dari penelitian
ini adalah: (1) Website berbasis e-commerce sebagai pendukung proses pembelajaran kewirausahaan khususnya
dalam kegiatan penjualan dan promosi produk kewirausahaan SMK (2) Kelayakan website yang diuji
berdasarkan standar ISO/IEC 25010 dengan perolehan nilai 84,24% (website bermanfaat dan mudah digunakan)
pada pengujian aspek usability, feature completeness dengan nilai 1 (semua fitur website berhasil
terimplementasi) pada pengujian aspek functional suitability, nilai successful percentage lebih dari 95%
(menjangkau standar telcordia) pada pengujian aspek reliability, performance dengan grade A serta page load
kurang dari 10 detik (performa baik dengan waktu akses yang cepat) pada masing-masing halaman website
dalam pengujian aspek performance efficiency, serta nilai maintainability index sebesar 103,85 (high
maintainability) pada pengujian aspek maintainability.
Kata kunci : website, e-commerce, kewirausahaan, ISO/IEC 25010
khususnya dalam tahap pemasaran dan penjualan produk hasil kewirausahaan. Hal ini disebabkan oleh
kurangnya pemanfaatan media untuk promosi serta terbatasnya dana untuk menyewa lapak berjualan. Penelitian
ini bertujuan untuk memecahkan masalah tersebut dengan (1) Mengembangkan website e-commerce produk
kewirausahaan siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 2 Yogyakarta. (2) Mengetahui tingkat kelayakan dari website ecommerce
tersebut berdasarkan standar ISO/IEC 25010. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
Research and Development (R&D) dengan pengembangan website menggunakan model Rational Unified
Process (RUP) yang terdiri dari tahap inception, elaboration, construction, dan transition. Hasil dari penelitian
ini adalah: (1) Website berbasis e-commerce sebagai pendukung proses pembelajaran kewirausahaan khususnya
dalam kegiatan penjualan dan promosi produk kewirausahaan SMK (2) Kelayakan website yang diuji
berdasarkan standar ISO/IEC 25010 dengan perolehan nilai 84,24% (website bermanfaat dan mudah digunakan)
pada pengujian aspek usability, feature completeness dengan nilai 1 (semua fitur website berhasil
terimplementasi) pada pengujian aspek functional suitability, nilai successful percentage lebih dari 95%
(menjangkau standar telcordia) pada pengujian aspek reliability, performance dengan grade A serta page load
kurang dari 10 detik (performa baik dengan waktu akses yang cepat) pada masing-masing halaman website
dalam pengujian aspek performance efficiency, serta nilai maintainability index sebesar 103,85 (high
maintainability) pada pengujian aspek maintainability.
Kata kunci : website, e-commerce, kewirausahaan, ISO/IEC 25010
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v10i2.19111
Refbacks
- There are currently no refbacks.