PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK (E-MODUL) MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN MATERI TIPOGRAFI SISWA KELAS XI MULTIMEDIA DI SMK SWASTA BARAKATI MUNA BARAT
Priyanto Priyanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul elektronik mata pelajaran desain grafis percetakan materi tipografi
untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Swasta Barakati Muna Barat, (2) mengetahui tingkat kelayakan modul elektronik mata
pelajaran desain grafis percetakan materi tipografi untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Swasta Barakati Muna Barat.
Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE. Model ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap
analysis berfokus pada pemetaan masalah, dan deskripsi kebutuhan. Tahap design berfokus pada proses perancangan modul
elektronik. Pada tahap development, pembengambangan konten modul elektronik dilakukan, tahap implementation berfokus
pada proses penerapan produk pada perangkat smartphone, dan tahap evaluation berfokus pada proses pengujian dan revisi
produk. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) modul elektronik mata pelajaran desain grafis percetakan materi tipografi untuk
siswa kelas XI Multimedia SMK Swasta Barakati Muna Barat, (2) persentase kelayakan materi berdasarkan uji materi sebesar
90.83%, termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Persentase kelayakan media berdasarkan uji media sebesar 81.25%,
termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Persentase tingginya respon positif siswa terhadap produk sebesar 91.92% termasuk
dalam kategori “Sangat layak”.
Kata kunci: e-modul, tipografi, desain grafis.
untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Swasta Barakati Muna Barat, (2) mengetahui tingkat kelayakan modul elektronik mata
pelajaran desain grafis percetakan materi tipografi untuk siswa kelas XI Multimedia SMK Swasta Barakati Muna Barat.
Metode penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan
ADDIE. Model ADDIE terdiri atas 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Tahap
analysis berfokus pada pemetaan masalah, dan deskripsi kebutuhan. Tahap design berfokus pada proses perancangan modul
elektronik. Pada tahap development, pembengambangan konten modul elektronik dilakukan, tahap implementation berfokus
pada proses penerapan produk pada perangkat smartphone, dan tahap evaluation berfokus pada proses pengujian dan revisi
produk. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) modul elektronik mata pelajaran desain grafis percetakan materi tipografi untuk
siswa kelas XI Multimedia SMK Swasta Barakati Muna Barat, (2) persentase kelayakan materi berdasarkan uji materi sebesar
90.83%, termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Persentase kelayakan media berdasarkan uji media sebesar 81.25%,
termasuk dalam kategori “Sangat Layak”. Persentase tingginya respon positif siswa terhadap produk sebesar 91.92% termasuk
dalam kategori “Sangat layak”.
Kata kunci: e-modul, tipografi, desain grafis.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v10i2.19108
Refbacks
- There are currently no refbacks.