PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROSEDUR KREDIT, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KREDIT UMKM

Anaga Bramantyo, Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Endra Murti Sagoro, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, prosedur kredit, dan promosi secara bersama-sama terhadap keputusan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam mengambil kredit pada Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) di Kecamatan Salam. Penelitian ini termasuk penelitian kausal asosiatif.  Sampel penelitian ini sebanyak 300 UMKM di Kecamatan Salam dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling dan teknik pengumpulan data dengan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas Layanan terhadap Keputusan UMKM dalam mengambil kredit pada LKBB kecamatan Salam dengan thitung (5,972) dan signifikansinya 0,000, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Prosedur Kredit terhadap keputusan UMKM dalam mengambil kredit pada LKBB kecamatan Salam dengan thitung (7,214) dan signifikansinya yaitu 0,000, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Promosi terhadap Keputusan UMKM dalam mengambil kredit pada LKBB Kecamatan Salam dengan thitung (6,288) dan signifikansinya yaitu 0,000, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Kualitas layanan, Prosedur Kredit, dan Promosi secara bersama-sama terhadap Keputusan UMKM dalam mengambil kredit pada LKBB kecamatan Salam  dengan Fhitung (28,796) > Ftabel (2,635) dan signifikansinya 0,00.

 

Kata kunci: Kualitas layanan, Prosedur Kredit, Promosi, Keputusan  Mengambil Kredit.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.