PENGARUH TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 DAN 2014)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh Dimensi Ekonomi dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (2) pengaruh Dimensi Lingkungan dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (3) pengaruh Dimensi Tenaga Kerja dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (4) pengaruh Dimensi HAM dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (5) pengaruh Dimensi Sosial dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, (6) pengaruh Dimensi Produk dalam CSR terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, dan (7) pengaruh Dimensi Ekonomi, Lingkungan, Tenaga Kerja, HAM, Sosial dan Produk dalam CSR secara simultan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2013 dan 2014. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 277 perusahaan yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Dimensi Ekonomi dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur (2) Dimensi Lingkungan dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur (3) Dimensi Tenaga Kerja dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur (4) Dimensi HAM dalam CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur (5) Dimensi Sosial dalam CSR berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur (6) Dimensi Produk dalam CSR berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur, dan (7) Dimensi Ekonomi, Lingkungan, Tenaga Kerja, HAM, Sosial dan Produk dalam CSR secara simultan berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan nilai F hitung > F tabel yaitu 26,444 > 3,700. Persamaan regresinya Y = -0,586 + 3,810X1 -3,544X2 + 0,775X3 – 2,303X4 + 5,558X5 + 0,126X6.
Kata Kunci: Dimensi Ekonomi, Lingkungan, Tenaga Kerja, HAM, Sosial dan Produk dalam CSR, Nilai Perusahaan Manufaktur.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.