PENGARUH FEAR OF MISSING OUT, LITERASI KEUANGAN, DAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL TERHADAP IMPULSIVE BUYING MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Ratna Candra Sari, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh fear of missing out terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta; (2) pengaruh literasi keuangan terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta; (3) pengaruh penggunaan dompet digital terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta Angkatan 2021-2024 sebanyak 3.538 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 97 mahasiswa yang digenapkan menjadi 100. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan statitik deskriptif dan asumsi klasik, serta pengujian hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, uji statistik F, dan uji statistik t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) fear of missing out berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta; (2) literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta; (3) penggunaan dompet digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Yogyakarta
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.

