PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN TINGKAT PENDAPATAN TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PENGGUNA E-COMMERCE SHOPEE DI DIY TAHUN 2024
Ponty Sya'banto Putra Hutama, Universitas Negeri Yogykarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap pembelian impulsif pengguna e-commerce Shopee. (2) Mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap pembelian impulsif pengguna e-commerce Shopee. (3) Mengetahui pengaruh tingkat pendapatan terhadap pembelian impulsif pengguna e-commerce Shopee. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian survei. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang menggunakan Shopee yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 130 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarluaskan secara online melalui Google Form yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pengguna e-commerce Shopee dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai koefisien regresi -0,272. (2) Promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pengguna e-commerce Shopee dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai koefisien regresi 0,409. (3) Tingkat pendapatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pengguna e-commerce Shopee dengan nilai signifikansi 0,007 dan nilai koefisien regresi 0,207.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.