PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL, PENGETAHUAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY, PERSEPSI KEAMANAN, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI CRYPTOCURRENCY (Studi Kasus Mahasiswa di Wilayah Kabupaten Sleman)
Mimin Nur Aisyah, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Penggunaan Media Sosial terhadap Minat Investasi Cryptocurrency; 2) Pengaruh Pengetahuan Investasi terhadap Minat Investasi Cryptocurrency pada mahasiswa di wilayah Kabupaten Sleman; 3) Pengaruh Persepsi Keamanan terhadap Minat Investasi Cryptocurrency pada mahasiswa di wilayah Kabupaten Sleman; dan 4) Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Minat Investasi Cryptocurrency pada mahasiswa di wilayah Kabupaten Sleman. Penelitian menggunakan metodologi kausal komparatif untuk mengidentifikasi hubungan sebab akibat dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri atas mahasiswa berasal dari perguruan tinggi yang berada di wilayah Kabupaten Sleman. Dengan jumlah sampel 169 responden, peneliti melakukan pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan Media Sosial berpengaruh positif terhadap Minat Investasi Cryptocurrency (koefisien 0,278; sig 0,000), (2) Pengetahuan Investasi tidak berpengaruh terhadap Minat Investasi Cryptocurrency (koefisien 0,092; sig 0,685), (3) Persepsi Keamanan tidak berpengaruh terhadap Minat Investasi Cryptocurrency (koefisien 0,133; sig 0,333), dan (4) Persepsi Risiko berpengaruh positif terhadap Minat Investasi Cryptocurrency (koefisien 1,421; sig 0,000). Nilai Adjusted R2 0,518 menunjukkan bahwa variabel minat investasi cryptocurrency dipengaruhi oleh penggunaan media sosial, pengetahuan investasi cryptocurrency, persepsi keamanan, dan persepsi risiko sebesar 51,8%.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.