PENGARUH ORIENTASI ETIS, EQUITY SENSITIVITY, DAN SIFAT MACHIAVELLIAN TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI CREATIVE ACCOUNTING

Rafi Prakoso, Universitas Negeri Yogyakarta
Patriani Wahyu Dewanti, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Orientasi Etis, Equity Sensitivity, dan Sifat Machiavellian terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 107 responden yang terdiri dari angkatan 2018 dan 2019 yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa: Orientasi Etis berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi Mahasiswa mengenai Creative Accounting; Equity Sensitivity berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting; Sifat Machiavellian berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Persepsi Mahasiswa Mengenai Creative Accounting; dan Orientasi Etis, Equity Sensitivity, dan Sifat Machiavellian secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Persepsi Mahasiswa Akuntansi mengenai Creative Accounting

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.