PENGARUH PENGGUNAAN E-MONEY, GAYA HIDUP, TEMAN SEBAYA, DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-money, gaya hidup, teman sebaya, dan literasi keuangan secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2019-2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 168 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial penggunaan e-money dan literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Gaya hidup berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sebesar 18,49%. Sementara, teman sebaya berpengaruh positif terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta sebesar 9,24%.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.