PENGARUH PERSEPSI ATAS TUJUAN LAPORAN KEUANGAN DAN TINGKAT PENDIDIKAN TERHADAP PRAKTIK PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN

Annies Zantika, zantikaannies@gmail.com, Indonesia
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh: (1) Persepsi atas Tujuan Laporan Keuangan terhadap Praktik Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM kerajinan Kabupaten Bantul. (2) Tingkat Pendidikan terhadap Praktik Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Kerajinan Kabupaten Bantul. (3) Persepsi atas Tujuan Laporan Keuangan dan Tingkat Pendidikan terhadap Praktik Penyusunan Laporan Keuangan pada UMKM Kerajinan Kabupaten Bantul. Teknik dalam pengambilan sampel adalah kuesioner. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan (1) Persepsi atas Tujuan Laporan Keuangan berpengaruh positif terhadap Praktik Penyusunan Laporan Keuangan dengan signifikansi  0,000 < 0,05, dan t hitung 6,28 > t tabel 1,97, (2) Tingkat Pendidikan berpengaruh positif terhadap Praktik Penyusunan Laporan Keuangan dengan signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,78 > t tabel 1,97, dan (3) Persepsi atas Tujuan Laporan Keuangan dan Tingkat Pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Praktik Penyusunan Laporan Keuangan sebesar 22% dengan Fhitung 42,41 > Ftabel 3,026 dan signifikansi 0,009 < 0,05

 

Kata kunci:  Persepsi atas Tujuan Laporan Keuangan, Tingkat Pendidikan, Praktik Penyusunan Laporan Keuangan.

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.