PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, KECERDASAN SPIRITUAL, DAN KECERDASAN INTELEKTUAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA MAHASISWA PRODI AKUNTANSI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

Komang Tria Wira Saputra, Prodi Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh (1) Kecerdasan Emosional terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (2) Kecerdasan Spiritual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (3) Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (4) Kecerdasan Emosinal, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Intelektual terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa angkatan 2014 Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan melalui kuesioner. Uji validitas menggunakan korelasi Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha yang menunjukkan seluruh instrument valid dan reliabel. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, dan uji heterokedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecerdasan Emosional berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 28,1%. (2) Kecerdasan Spiritual berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 25,2%. (3) Kecerdasan Intelektual berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahan Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 25,9% (4) Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kecerdasan Intelektual secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi, dibuktikan dengan koefisien determinasi 52,2%.

 

Kata Kunci: Tingkat Pemahaman Akuntansi, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Intelektual.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.