PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DASAR SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK N 1 TEMPEL TAHUN AJARAN 2017/2018

Noviana Nur Vatoni, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi 1 di SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 1. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2017/2018. Hasil Belajar Akuntansi Dasar Aspek Pengetahuan pada siklus I ditunjukkan dengan rata-rata nilai sebesar 34,62%. Pada siklus II peningkatan perolehan persentase rata-rata nilai menjadi sebesar 100%. Hasil Belajar Akuntansi Dasar Aspek Sikap pada siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 70,51%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata skor menjadi sebesar 90,00%. Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Dasar Aspek Keterampilan pada siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 71,79%. Pada siklus II terjadi peningkatan rata-rata skor menjadi sebesar 94,33%.

 

Kata kunci: Hasil Belajar Akuntansi Dasar, Problem Based Learning.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.