PENGARUH KEBERMANFAATAN, KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN INTERNET BANKING (Studi Kasus pada Pelaku Usaha di Plaza Universitas Negeri Yogyakarta)

Catharina Octaviani Wulandari, Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Kebermanfaatan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking, (2) Pengaruh Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking, (3) Pengaruh Persepsi Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking dan (4) Pengaruh Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko secara bersama-sama terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking. Populasi penelitian ini sebanyak 45 pelaku usaha di Plaza UNY. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, analisis regresi sederhana, dan anaisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif Kebermanfaatan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking, (2) Tedapat pengaruh positif Kemudahan Penggunaan terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking, (3) Terdapat pengaruh negatif Persepsi Risiko terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking, dan (4) Terdapat pengaruh positif Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Persepsi Risiko secara bersama-sama terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking.

 

Kata kunci: Kebermanfaatan, Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, dan Minat Bertransaksi Menggunakan Internet Banking.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.