PENGARUH ORIENTASI ETIS, GENDER, DAN JENIS PERGURUAN TINGGI TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI MENGENAI PRAKTIK CREATIVE ACCOUNTING
Ratna Candra Sari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) Orientasi Etis terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, (2) Gender terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, (3) Jenis Perguruan Tinggi terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting. Pengambilan sampel sebanyak 135 dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kuesioner diuji validitas dan reliabilitasnya sebelum dilakukan pengumpulan data penelitian. Hipotesis penelitian diolah menggunakan alat uji statistik two ways ANOVA. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Orientasi Etis terbukti tidak berpengaruh terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting. (2) Gender terbukti tidak berpengaruh terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting. (3) Jenis Perguruan Tinggi berpengaruh terhadap Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi Mengenai Praktik Creative Accounting.
Kata kunci: Persepsi Etis Mahasiswa Akuntansi mengenai Praktik Creative Accounting, Orientasi Etis, Gender, Jenis Perguruan Tinggi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.