PENGARUH MEDIA FUN THINKERS TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK TUNARUNGU KELAS VII SMPLB-B DI SLB WIYATA DHARMA 1 SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan
kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Subjek penelitian menggunakan
dua siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B yang mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan
data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik non parametrik jenis tes
tanda. Hasil penelitian dari hasil uji tes tanda yang memperoleh Thitung = 0 (α = 0,05), jadi Th ≤ Tα,
maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti Media Fun Thinkers berpengaruh terhadap
penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1
Sleman. Pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas VII
SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor hasil
pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest yang didapatkan yaitu 58,5 dan rata-rata skor posttest 90.
Dimana terjadi kenaikan skor sebesar 31,5%. Hasil penelitian ini sesuai dengan tipe belajar anak
tunarungu yaitu pemata, yang akan tertarik dengan media yang menyajikan gambar yang menarik
seperti Media Fun Thinkers.
kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain
penelitian yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Subjek penelitian menggunakan
dua siswa tunarungu kelas VII SMPLB-B yang mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris. Pengumpulan
data menggunakan tes. Analisis data yang digunakan menggunakan statistik non parametrik jenis tes
tanda. Hasil penelitian dari hasil uji tes tanda yang memperoleh Thitung = 0 (α = 0,05), jadi Th ≤ Tα,
maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini berarti Media Fun Thinkers berpengaruh terhadap
penguasaan kosakata Bahasa Inggris anak tunarungu kelas VII SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1
Sleman. Pengaruh Media Fun Thinkers terhadap penguasaan kosakata anak tunarungu kelas VII
SMPLB-B di SLB Wiyata Dharma 1 Sleman ditunjukkan dengan adanya peningkatan skor hasil
pretest dan posttest. Rata-rata skor pretest yang didapatkan yaitu 58,5 dan rata-rata skor posttest 90.
Dimana terjadi kenaikan skor sebesar 31,5%. Hasil penelitian ini sesuai dengan tipe belajar anak
tunarungu yaitu pemata, yang akan tertarik dengan media yang menyajikan gambar yang menarik
seperti Media Fun Thinkers.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: