PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAMEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE GLOBAL PADA ANAK AUTIS KELAS TK B DI SLB CITRA MULIA MANDIRI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pramembaca permulaan melalui
metode global pada anak autis kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus. Subjek penelitian terdiri dari satu siswi autis kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
kategori pramembaca permulaan mengalami peningkatan dalam bentuk perilaku belajar yang dapat
ditandai dengan mampu mencapai keberhasilan yaitu memperoleh hasil persentase 86% dan anak
mampu membaca dua maupun tiga kata tanpa bantuan gambar. Pada tahap pratindakan kemampuan
membaca permulaan anak memperoleh persentase sebesar 63% yang termasuk dalam kriteria cukup
dan anak belum mampu membaca dua kata maupun tiga kata tanpa bantuan gambar. Meningkat
menjadi 71% dalam kriteria cukup pada siklus I dan anak mampu membaca dua kata maupun tiga kata
dengan bantuan gambar dan prompt dari guru, dan menjadi 86% yang termasuk dalam kriteria sangat
baik dan anak mampu membaca dua kata maupun tiga kata tanpa bantuan gambar sedikit prompt dari
guru. Kesimpulan akhir bahwa membaca permulaan anak autis dapat ditingkatkan melalui metode
global karena dalam penerapannya metode global menggunakan pendekatan kalimat dengan membaca
kalimat secara utuh dengan bantuan gambar maupun tanpa bantuan gambar.
metode global pada anak autis kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua
siklus. Subjek penelitian terdiri dari satu siswi autis kelas TK B di SLB Citra Mulia Mandiri. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca permulaan dan observasi. Analisis data
yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
kategori pramembaca permulaan mengalami peningkatan dalam bentuk perilaku belajar yang dapat
ditandai dengan mampu mencapai keberhasilan yaitu memperoleh hasil persentase 86% dan anak
mampu membaca dua maupun tiga kata tanpa bantuan gambar. Pada tahap pratindakan kemampuan
membaca permulaan anak memperoleh persentase sebesar 63% yang termasuk dalam kriteria cukup
dan anak belum mampu membaca dua kata maupun tiga kata tanpa bantuan gambar. Meningkat
menjadi 71% dalam kriteria cukup pada siklus I dan anak mampu membaca dua kata maupun tiga kata
dengan bantuan gambar dan prompt dari guru, dan menjadi 86% yang termasuk dalam kriteria sangat
baik dan anak mampu membaca dua kata maupun tiga kata tanpa bantuan gambar sedikit prompt dari
guru. Kesimpulan akhir bahwa membaca permulaan anak autis dapat ditingkatkan melalui metode
global karena dalam penerapannya metode global menggunakan pendekatan kalimat dengan membaca
kalimat secara utuh dengan bantuan gambar maupun tanpa bantuan gambar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: