PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERHITUNG PENJUMLAHAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN DEKAK-DEKAK BAGI SISWA TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI SDLBC DI SLB YAPENAS
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar berhitung penjumlahan melalui media pembelajaran dekak-dekak bagi siswa tunagrahita ringan kelas VI SDLBC di SLB Yapenas. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menganut desain penelitian dari Kemmis dan McTaggart. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita kelas VI SDLBC di SLB Yapenas. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes tertulis. Pengolahan data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan menggambarkan skor perolehan dari tes pra-siklus sampai siklus II. Hasil peningkatan ditunjukkan dengan siswa mampu mencapai skor kriteria keberhasilan minimal. Skor minimal yang ditetapkan adalah 60. Siswa telah mencapai nilai minimal pada siklus ke II dengan perolehan nilai sebesar 75. Siswa mengalami peningkatan prestasi belajar berhitung penjumlahan setelah menggunakan media deak-dekak. Nilai yang diperoleh siswa pada pra-siklus sebesar 45, setelah menggunakan media meningkat 12,5% pada siklus I dengan nilai 57,5. Kemudian pada siklus II meningkat sebesar 30% dari nilai pra-siklus dengan nilai 75. Penelitian dinyatakan berhasil dan berakhir pada siklus II. Media dekak-dekak memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa tunagrahita ringan kelas VI SDLBC di SLB Yapenas.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: