IDENTIFIKASI PERILAKU SOSIAL SISWA TUNALARAS DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek kemampuan perilaku sosial siswa tunalaras di SLB E Prayuwana Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu empat anak tunalaras kelas dasar dua, tiga, dan enam di
SLB E Prayuwana, dan guru kelas masing-masing sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian berupa identifikasi aspek-aspek kemampuan
perilaku sosial anak tunalaras. Sebagian siswa tunalaras mampu menunjukkan perilaku sosial kerjasama dalam bentuk belajar bersama.
Perilaku lainnya yaitu simpati, tidak mementingkan diri sendiri, berusaha menjadi yang terbaik, perilaku kelekatan, persaingan, hasrat
penerimaan sosial, kemurahan hati, dan sikap ramah. Subyek NEP akan cepat emosi jika ada reaksi lingkungan yang menyangkut dengan
dirinya. Namun NEP mampu menunjukkan perilaku kerjasama yang baik, perilaku ketergantungan, hasrat penerimaan sosial, simpati,
kemurahan hati, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Kemudian subyek RK dengan gangguan emosi dan perilaku dengan tipe agresif
verbal dan fisik. Perilaku yang sering muncul pada RK adalah hiperaktif, subyek mampu menunjukkan kemampuan berperlaku kerjasama
yang baik pula, persaingan, perilaku kelekatan, simpati, sikap ramah, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Selanjutnya subyek AF,
kontrol emosi yang dimiliki AF masih kurang, AF sering marah dan merasa benci. Namun subyek AF mampu menunjukan kemampuan
bekerjasama dengan baik, sikap meniru, perilaku kelekatan, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Terdapat satu subyek yang hanya
dapat menunjukan sedikit perilaku sosialnya yaitu subyek AT, AT mudah sekali terprovokasi oleh temannya, seperti contoh saat temannya
berperilaku buruk dengan menjahili temannya yang lain AT akan meniru perbuatan tersebut. Subyek AT hanya dapat menunjukkan 4
perilaku sosial saja yaitu meniru, kemurahan hati, sikap ramah, dan sikap tidak mementingakn diri sendiri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu empat anak tunalaras kelas dasar dua, tiga, dan enam di
SLB E Prayuwana, dan guru kelas masing-masing sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian berupa identifikasi aspek-aspek kemampuan
perilaku sosial anak tunalaras. Sebagian siswa tunalaras mampu menunjukkan perilaku sosial kerjasama dalam bentuk belajar bersama.
Perilaku lainnya yaitu simpati, tidak mementingkan diri sendiri, berusaha menjadi yang terbaik, perilaku kelekatan, persaingan, hasrat
penerimaan sosial, kemurahan hati, dan sikap ramah. Subyek NEP akan cepat emosi jika ada reaksi lingkungan yang menyangkut dengan
dirinya. Namun NEP mampu menunjukkan perilaku kerjasama yang baik, perilaku ketergantungan, hasrat penerimaan sosial, simpati,
kemurahan hati, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Kemudian subyek RK dengan gangguan emosi dan perilaku dengan tipe agresif
verbal dan fisik. Perilaku yang sering muncul pada RK adalah hiperaktif, subyek mampu menunjukkan kemampuan berperlaku kerjasama
yang baik pula, persaingan, perilaku kelekatan, simpati, sikap ramah, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Selanjutnya subyek AF,
kontrol emosi yang dimiliki AF masih kurang, AF sering marah dan merasa benci. Namun subyek AF mampu menunjukan kemampuan
bekerjasama dengan baik, sikap meniru, perilaku kelekatan, dan sikap tidak mementingkan diri sendiri. Terdapat satu subyek yang hanya
dapat menunjukan sedikit perilaku sosialnya yaitu subyek AT, AT mudah sekali terprovokasi oleh temannya, seperti contoh saat temannya
berperilaku buruk dengan menjahili temannya yang lain AT akan meniru perbuatan tersebut. Subyek AT hanya dapat menunjukkan 4
perilaku sosial saja yaitu meniru, kemurahan hati, sikap ramah, dan sikap tidak mementingakn diri sendiri.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: