PENINGKATAN KETERAMPILAN PRA MENSTRUASI MELALUI METODE LATIHAN UNTUK ANAK AUTIS DI SD MUHAMMADIYAH MILIRAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pra menstruasi melalui metode latihan pada anak autis di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Pemberian tindakan dilakukan selama 2 siklus. Subyek penelitian terdiri dari seorang anak autis yang belum mengalami menstruasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes unjuk kerja dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskripstif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode latihan dapat meningkatkan keterampilan pra menstruasi pada anak autis di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta. Hal itu dibuktikan dengan adanya peningkatan dari kemampuan awal subyek FIA yang mendapat skor 40. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I berupa pemberian penjelasan dan kegiatan latihan keterampilan pra menstruasi dengan pemberian contoh dan bimbingan, subyek memperoleh skor 56. Pasca tindakan siklus II subyek mampu memperoleh skor 74,67 atau meningkat sebesar 18,67% dan telah memenuhi KKM yang ditentukan yakni 70. Hasil peningkatan keterampilan pra menstruasi pasca tindakan siklus II yaitu subyek dapat melakukan keterampilan secara mandiri pada tahap membuka bungkus pembalut, melepas kertas perekat, memasukan pembalut ke kantong plastik, membuang pembalut ke tempat sampah dan dapat melakukan dengan bantuan verbal pada tahap melepas celana, memakai celana dalam yang sudah dipasangi pembalut, melepas pembalut, mencuci pembalut, memeras pembalut. Kesimpulan akhir adalah penggunaan metode latihan dapat meningkatkan keterampilan pra menstruasi pada anak autis di SD Muhammadiyah Miliran Yogyakarta.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: