PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI LECTORA INSPIRE® PADA SISWA AUTIS DI SLB TEGAR HARAPAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media pembelajaran Lectora Inspire pada siswa autis kelas V di SLB Tegar Harapan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru. Subjek penelitian yaitu anak autis kelas V di SLB Tegar Harapan yang terdiri dari satu anak. Desain yang digunakan adalah model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Lectora Inspire dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa autis kelas V di SLB Tegar Harapan. Perolehan skor yang diperoleh subjek mengalami peningkatan dari 38 (63,33%) pada tes kemampuan awal (pre-test) menjadi 47 (78,33%) pada tes pasca tindakan (post-test) siklus I kemudian menjadi 54 (90%) pada tes pasca tindakan siklus II. Peningkatan di Siklus II terjadi setelahdilakukan pengulangan materi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: