PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI METODE BERMAIN UNTUK ANAK TUNARUNGU KELAS PERSIAPAN DI SLB WIYATA DHARMA 3 NGAGLIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui metode bermain pada anak tunarungu kelas persiapan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian yaitu anak tunarungu kelas persiapan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik yang terdiri dari satu anak. Desain yang digunakan adalah model penelitian Kurt Lewin. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain menggunakan bola dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan untuk anak tunarungu kelas persiapan di SLB Wiyata Dharma 3 Ngaglik. Peningkatan yang terjadi dari tes sebelum tindakan dan siklus I sebesar 40%, dan tes setelah tindakan siklus II yaitu 60%. Kegiatan pembelajaran mengenal bilangan menggunakan metode bermain terbagi menjadi dua kegiatan, yaitu membuat urutan bilangan dan memasangkan/ menjodohkan banyak bola dengan lambang bilangan yang sesuai.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: