PEMBELAJARAN RENANG UNTUK ANAK ATTENTION DEFICIT HYPERACTIVITY DISORDER (ADHD) DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) perencanaan pembelajaran renang untuk anak ADHD, 2) metode pembelajaran renang yang digunakan oleh guru, 3) pelaksanaan pembelajaran renang, 4) kendala yang dialami saat pembelajaran renang, 5) upaya-upaya yang dilakukan untuk menangani kendala dalam pelaksanaan pembelajaran renang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah satu anak. Metode pengumpulan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran renang yang diterapkan di SLB E Prayuwana Yogyakarta sebagai pembelajaran olahraga yang dikemas dalam permainan yang menyenangkan, sebagai hiburan, serta terapi bagi perilaku bermasalah anak ADHD. Perencanaan pembelajaran renang dituangkan dalam silabus yang berisi gerakan dasar meluncur, menggerakkan lengan, dan nilai kebersihan. Metode yang digunakan yaitu praktik langsung, pendampingan dan pengajaran, pengontrolan, pembetulan dan memberikan bantuan. Kendala yang dialami saat pembelajaran yakni perhatiannya teralihkan, mengganggu teman atau suasana hati yang tidak baik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah satu anak. Metode pengumpulan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran renang yang diterapkan di SLB E Prayuwana Yogyakarta sebagai pembelajaran olahraga yang dikemas dalam permainan yang menyenangkan, sebagai hiburan, serta terapi bagi perilaku bermasalah anak ADHD. Perencanaan pembelajaran renang dituangkan dalam silabus yang berisi gerakan dasar meluncur, menggerakkan lengan, dan nilai kebersihan. Metode yang digunakan yaitu praktik langsung, pendampingan dan pengajaran, pengontrolan, pembetulan dan memberikan bantuan. Kendala yang dialami saat pembelajaran yakni perhatiannya teralihkan, mengganggu teman atau suasana hati yang tidak baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: