PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN HURUF BRAILLE MELALUI METODE SCRAMBLE PADA SISWA TUNANETRA KELAS I DI SLB A YPTN MATARAM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan huruf braille melalui
metode scramble pada siswa tunanetra kelas I di SLB A YPTN Mataram. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2 siklus dan berkolaborasi dengan guru kelas. Siklus
1 dan siklus II dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa tunanetra kelas I
berjumlah 3 orang. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan data observasi siswa. Analisis
data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil pasca tindakan siklus 1 menunjukan nilai rerata
kelas sebesar 71,11, hal ini menunjukan perolehan nilai rerata mengalami peningkatan dibandingkan nilai
rerata tes pra-tindakan sebesar 65,92, terjadi peningkatan sebesar 5,19 poin atau 7,87%. Hasil akhir
penelitian ini di siklus II menunjukkan nilai rerata kelas sebesar 81,48 dengan peningkatan sebesar
sebesar 10,37 poin atau 14,58% dari siklus sebelumnya yaitu 71,11. Nilai yang diperoleh siswa NS
sebesar 88,88 meningkat 8,88 poin dari siklus sebelumnya yaitu 80. Nilai yang diperoleh siswa AA
sebesar 80 meningkat 8,89 poin dari siklus sebelumnya yaitu 71,11, dan nilai yang diperoleh siswa MA
sebesar 75,55 meningkat sebesar 13,33 poin dari siklus sebelumnya yaitu 62,22. Hal tersebut menunjukan
bahwa nilai membaca permulaan huruf Braille seluruh siswa kelas I SLB A YPTN Mataram sudah
memenuhi KKM yang ditentukan yaitu 70.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: