PROFIL KETERAMPILAN SOSIAL ANAK AUTISTIK DI SEKOLAH PENYELENGGARA PROGRAM INKLUSI (SPPI) KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keterampilan sosial anak autistik di Sekolah Penyelenggara Program Inklusi (SPPI) Kota Yogyakarta. Keterampilan sosial anak autistik dapat dilihat dari tiga aspek gangguan yang dialami anak autistik yang mencakup interaksi sosial, komunikasi, dan perilaku. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan angket. Responden penelitian adalah enam (6) guru kelas/ guru pendamping khusus dan enam (6) orang tua/ wali anak autistik. Analisis data yang dilakukan pada tahap awal yaitu dengan memasukkan data hasil kuesioner ke dalam tabel; kedua, memberi kode/ warna untuk setiap skor; dan ketiga, menguraikan makna data dalam tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan sosial anak autistik di SPPI Kota Yogyakarta menurut orang tua dan guru ada perbedaan pada setiap aspek. Perbedaan ditunjukkan pada aspek keterampilan interaksi sosial anak autistik di SPPI Kota Yogyakarta berada pada tahap dasar; keterampilan komunikasi pada tahap ke-3 (The Early Communicator Stage); sedangkan untuk keterampilan perilaku menunjukkan penguasaan yang baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: