PELAKSANAAN PENDIDIKAN VOKASIONAL INDUSTRI BATIK DALAM MEMBERIKAN KETERAMPILAN KERJA TERHADAP NARAPIDANA ANAK DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS IIA KUTOARJO

Ricki Dani Adhitya, , Indonesia

Abstract


Pendidikan vokasional industri batik di Lembaga Pemasyarakatan Anak Kelas IIA Kutoarjo
(sering disebut Lapas Kelas IIA Kutoarjo) diberikan kepada narapidana anak agar memiliki
keterampilan dan mampu hidup mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses
pendidikan industri batik bagi narapidana anak di Lapas Kelas IIA Kutoarjo. Pendekatan
penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini
adalah pembimbing dan narapidana anak di Lapas Kelas IIA Kutoarjo. Obyek penelitian ini
berupa pendidikan vokasional industri batik yang meliputi komponen proses pendidikan,
pelaksanaan pendidikan vokasional industri batik, serta kelebihan dan kendala di Lapas Kelas IIA
Kutoarjo. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode analisis
deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahaan data yang digunakan adalah triangulasi data. Hasil
penelitian menunjukan bahwa proses pendidikan vokasional industri batik di Lapas Kelas IIA
Kutoarjo sudah berjalan sesuai yang dengan fungsinya. Walaupun tidak ada kurikulum, tetapi
pendidikan vokasional industri batik mampu berjalan dengan baik. Kelebihan dari pendidikan
vokasional industri batik di lapas yaitu mengembangkan bakat, memberikan keterampilan kerja,
memberi pengalaman, dan mengisi waktu luang. Kekurangan dari pendidikan vokasional industri
batik di lapas yaitu tim pengajar dan ruang kegiatan. Pelaksanaan pendidikan vokasional industri
batik dilakukan setiap hari dengan keseluruhan kegiatannya yaitu praktek.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal telah terindeks:

 

Flag Counter