EFEKTIVITAS METODE PRETEND PLAY TERHADAP KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK AUTISTIK KELAS II SDLB DI SLB MA’ARIF MUNTILAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Metode Pretend Play terhadap kemampuan
interaksi sosial. Jenis penelitian yang digunakan adalah Single Subject Research (SSR). Desain yang
digunakan adalah A-B-A’. Subyek penelitian yaitu satu orang siswa autistik kelas II SDLB di SLB
Ma’arif Muntilan. Teknik pengumpulan data menggunakan inventori kemampuan interaksi sosial serta
dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil analisis
disajikan dalam bentuk grafik dan tabel. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan
bahwa metode Pretend Play efektif untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial anak autistik kelas II
SDLB. Kemampuan interaksi sosial anak yang meningkat berdasarkan pada kemampuan anak mengikuti
aktivitas, kemampuan anak dalam memerankan peran, kemampuan anak meniru atau imitasi, kemampuan
anak menerima sugesti dari peneliti, mampu menempatkan diri pada situasi tertentu, mampu bersimpati
terhadap orang lain. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode pretend play berpengaruh positif
terhadap kemampuan interaksi sosial anak autistik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: