KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA BERBASIS FLASH UNTUK MENGENALKAN KONSEP ANGGOTA TUBUH BAGI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS I DI SEKOLAH LUAR BIASA YAPENAS YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan multimedia berbasis flash untuk mengenalkan
konsep anggota tubuh bagi anak tunagrahita kategori sedang kelas I di SLB Yapenas Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research
(SSR). Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A-B-A’. Subjek penelitian yaitu seorang anak
tunagrahita kategori sedang kelas I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode
observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa tes dan panduan observasi yang digunakan
selama fase Baseline 1, intervensi, dan Baseline 2. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik
deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan frekuensi
peningkatan pemahaman konsep anggota tubuh pada 3 sesi baseline 1 (A) yaitu: A1= 1, A2=1, A3=1,
didapatkan kestabilan data. Frekuensi peningkatan yang dilakukan selama 5 sesi intervensi (B) didapatkan
hasil yaitu: B1=3, B2=6, B3=8, B4=9, B5=9, sedangkan frekuensi peningkatan pemahaman konsep
anggota tubuh pada 2 sesi baseline 2 (A’) yaitu: A’1=9, A’2=9. Keefektifan multimedia berbasis flash
terhadap kemampuan mengenal konsep anak tunagrahita kategori sedang ditentukan apabila frekuensi
peningkatan pemahaman konsep pada baseline 2 lebih banyak dibandingkan pada baseline 1.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: