PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCUCI PAKAIAN PADA SISWA TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS VA DI SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi hasil
belajar dalam pembelajaran keterampilan mencuci pakaian pada siswa tunagrahita kategori sedang kelas VA di
SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik
analisis data yaitu data reduction, data display dan verification. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas
dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persiapan pembelajaran keterampilan mencuci
pakaian dilakukan dengan menentukan tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi yang disesuaikan dengan
kemampuan masing-masing siswa. Dalam melaksanakan pembelajaran, guru melakukan pendekatan modifikasi
tingkah laku. Guru memberikan prompts (bantuan) pada siswa yang kesulitan dan memberikan reinforcement
positif (penguatan positif) setelah siswa menyelesaikan setiap tahapan mencuci pakaian yang disebut shaping.
Pelaksanaan evaluasi banyak dilakukan pada proses mencuci pakaian. Alat evaluasinya dilakukan dengan non tes
dan tes, tetapi guru lebih mengutamakan yang non tes. Penilaiannya dilakukan setiap pertemuan sehingga
mengetahui perkembangan kemampuan siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: