PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE FERNALD PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS II DALAM MODEL KELAS INKLUSI KLUSTER DI SD N BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui metode Fernald
pada anak berkesulitan belajar kelas II dalam model kelas inklusi kluster di SD N Bangunrejo 2 Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
adalah seorang anak berkesulitan belajar. Penelitian dilakukan dalam dua siklus tindakan. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan dengan metode tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan
meliputi: tes kemampuan membaca permulaan, panduan observasi partisipasi siswa, panduan observasi kinerja
guru, dan panduan wawancara. Data yang telah terkumpul dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode Fernald dapat meningkatkan kemampuan membaca
permulaan pada anak berkesulitan belajar. Peningkatan siklus I sebesar 46% atau peningkatan nilai sebesar
21,33 dari kemampuan awal 46,67 menjadi 68,00. Peningkatan siklus II sebesar 104% atau peningkatan nilai
sebesar 48,66 dari kemampuan awal 46,67 menjadi 95,33. Peningkatan terjadi karena siswa terlibat aktif dan
ikut berpartisipasi dalam pembelajaran menggunakan metode Fernald serta menyelesaikan tugas yang diminta
oleh guru berupa membaca teks dengan amat baik. Kinerja guru dalam pengajaran membaca terdapat beberapa
langkah yang belum dilaksanakan secara optimal namun sesuai dengan rencana sehingga keseluruhan langkah
pembelajaran termasuk dalam kategori amat baik. Peningkatan pada siklus II terjadi dengan adanya
pengulangan siklus I ditambah dengan penekanan membaca dalam konteks kalimat. Hasil tindakan siklus II
menunjukkan bahwa kemampuan subjek meningkat dan mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 70
sehingga tindakan dihentikan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: