EFEKTIVITAS MEDIA VISUAL KIRIGAMI POP UP TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK AUTISTIK KELAS II SD DI SEKOLAH KHUSUS AUTIS BINA ANGGITA BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media visual kirigami pop up terhadap
peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak autistik kelas II SD di Sekolah Khusus Autis
Bina Anggita Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan
jenis penelitian kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah single aubject research
(SSR) dengan desain A1-B-A2. Subjek penelitian merupakan satu siswa autistik kelas II Sekolah Dasar.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrument pengumpulan data yang
digunakan adalah panduan instrument tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik
deskriptif yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media
visual kirigami pop up efektif terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak autistik yang
ditunjukkan dengan berkurangnya frekuensi kesalahan pada tes membaca permulaan yang dilakukan oleh
subjek setelah diberikan intervensi. Adapun jumlah frekuensi kesalahan pada tes membaca permulaan
pada baseline-1 (A1) yaitu: A11=6, A12=6 dan A13=6, frekuensi kesalahan dapat dikatakan stabil karena
cenderung menetap. Frekuensi kesalahan yang dilakukan subjek selama sesi intervensi (B) yaitu: B1=4,
B2=2, B3=2, B4=0, dan B5=0 sedangkan frekuensi kesalahan pada tes membaca permulaan pada baseline-2
(A2) yaitu: A21=0, A22=0 dan A23=0. Efektivitas tersebut juga didukung oleh presentase overlap rendah
yaitu 0%. Perubahan level terjadi pada perbandingan kondisi intervensi dengan baseline-2 (A2/B) untuk
kemampuan membaca permulaan yaitu +4 (membaik).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: