PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI MEDIA SPELLING PUZZLE PADA ANAK TUNARUNGU KELAS TAMAN 2 DI SLB B KARNNAMANOHARA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata melalui media spelling puzzle
pada siswa tunarungu kelas Taman 2 di SLB B Karnnamanohara. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa tunarungu kelas Taman 2 di SLB B
Karnnamanohara sejumlah 12 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan kolaborasi antara peneliti
dan guru kelas. Siklus I terdiri dari 3 pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Pengumpulan data
dilakukan dengan tes tertulis penguasaan kosakata dan observasi mengenai aktivitas siswa dalam
pembelajaran digunakan untuk data pelengkap. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif dengan
penyajian data berupa tabel dan grafik histogram. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media
spelling puzzle dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak tunarungu. Hal ini dibuktikan dari hasil tes
pada siklus 1 ada 11 anak yang mengalami peningkatan dibandingkan tes kemampuan awal. Pada siklus I
ada 5 anak yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada
siklus II semua siswa telah mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 70.
Dapat disimpulkan bahwa penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas Taman 2 di SLB B
Karnnamanohara meningkat setelah menggunakan media spelling puzzle.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: