PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA MELALUI METODE PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG BERGAMBAR PADA ANAK TUNARUNGU KELAS 6 SD DI SLB PGRI TRIMULYO JETIS BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata menggunakan metode permainan teka-teki
silan bergambar pada anak tunarungu kelas 6 SD SLB PGRI Trimulyo. Penelitian ini merupakan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitaif. Subjek dalam penelitian adalah siswa tunarungu kelas 6 SD
di SLB PGRI Trimulyo yang berjumlah 2 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus kolaborasi antara
peneliti dan guru kelas. Siklus I terdiri dari 4 pertemuan dan siklus II dilaksanakan dalam 3 pertemuan.
Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan penguasaan kosakata dan observasi yang dilakukan untuk
mengumpulkan data aktivitas siswa dalam pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan deskriptif kuantitatif dengan penyajian data berupa tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukan
bahwa penguasaan kosakata anak tunarungu dapat meningkat melalui penggunaan metode permainan
teka-teki silang bergambar. Hal ini dibuktikan dari hasil tes pada siklus I kedua siswa mengalami
peningkatan jika dibandingkan tes kemampuan awal. Pada siklus I kedua siswa masih belum mencapai
kriteria ketuntasan minimal sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II semua siswa telah mencapai
kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu sebesar 75. Setelah dilakukan tes pasca tindakan
2, FA mendapatkan nilai 77,5 dan FMR mendapatkan nilai 82,5. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa penguasaan kosakata siswa tunarungu kelas 6 SD di SLB PGRI Trimulyo meningkat setelah
menggunakan metode permainan teka-teki silang bergambar.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: