KEMAMPUAN MERAWAT DIRI PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG DI SEKOLAH LUAR BIASA PGRI MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan unuk mendeskripsikan kemampuan merawat diri merias
wajah (make up) khususnya membersihkan kulit wajah atau muka dengan bahan
kosmetik pada anak tunagrahita kategori sedang di SLB PGRI Minggir Sleman
Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 3
orang yaitu 1 orang guru kelas yang merangkap guru bina diri yang berjenis kelamin
perempuan dan 2 orang siswa yang keduanya berjenis kelamin perempuan. Metode
pengumpulan data ini menggunakan observasi dan wawancara. Instrumen penelitian
menggunakan pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek Gt mampu menyiapkan alat dan
bahan, mampu menaruh milk cleanser ke punggung tangan kiri, mengoleskan pembersih
ke kulit wajah, menggosok pembersih, membersihkan pembersih pada kulit wajah dan
mengoleskan penyegar ke kulit wajah, namun dalam menggosok dengan lambat
pertengahan dahi dengan kedua tangan kiri dan kanan kearah pelipis masih dengan
bantuan dan dalam menaruh penyegar face tonic dan dalam mengoleskan kapas yang
telah diberi face tonic memerlukan sedikit bantuan. Subjek Nw mampu menyiapkan
bahan dan alat, namun dalam melakukan mengoleskan pembersih milk cleanser ke
leher, dagu, pipi, hidung masih memerlukan sedikit bantuan sedangkan dalam
mengoleskan pembersih milk cleanser ke dahi juga dalam menggosok pembersih milk
cleanser pada wajah masih memerlukan banyak bantuan, membersihkan pembersih dan
mengoleskan penyegar masih memerlukan sedikit bantuan untuk pengambilan kapas
dan menepuk–nepuk kapas yang telah diberi face tonic mampu melaksanakan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: