KEEFEKTIFAN TEKNIK DROPPED OBJECTS TERHADAP KEMANDIRIAN MENEMUKAN BENDA JATUH PADA ANAK TUNANETRA KELAS I DI SLB MA’ARIF BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan teknik dropped objek terhadap kemandirian
menemukan benda jatuh pada anak tunanetra kelas I di SLB Maarif Bantul Yogyakarta. Penelitian ini
dilaksanakan merupakan Single Subjects Research (SSR). Metode penelitian subjek tunggal yang digunakan
yaitu desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan siswa tunanetra kelas I di SLB Maarif Bantul
Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Data yang diperoleh dianalisis
menggunakan statistic deskriptif. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar
kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik dropped objects efektif dalam meningkatkan
kemandirian anak tunanetra kelas I di SLB Maarif Bantul Yogyakarta. Hal ini ditandai dengan adanya
peningkatan presentase keberhasilan subjek dalam melakukan tes mengambil benda jatuh pada faase
intervensi dan Baseline II. Pada baseline I presentase keberhasilan subjek berada dibawah kriteria
ketuntasan minimal sebesar 70% yaitu pada rentang 54% sampai 61%. Adanya perlakuan pada fase
intervensi terbukti dapat meningkatkan presentase keberhasilan subjek diatas 70%, yaitu pada
rentang 69% sampai 88%. Pengukuran kembali pada fase baseline II juga menunjukan presentase
keberhasilan berada pada rentang 76-85%. Hasil analisis data pada analisis dalam kondisi terdapat
kecenderungan arah yang meningkat pada fase intervensi dan baseline 2. Pada perubahan level menunjukkan
perubahan yg membaik pada fase intervensi (+19) dan baseline II (+9). Analisis antar kondisi pada
komponen perubahan level menunjukkan perbaikan di fase intervensi dan baseline II dibandingkan dengan
baseline I. Perubahan level fase intervensi dibandingkan fase baseline I yaitu (+15), sedangkan perubahan
level baseline II dibandingkan baseline I yaitu (+22).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: