METODE ROLE PLAYING DALAM PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN PERILAKU PRIBADI DAN SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMPATI ANAK TUNALARAS KELAS VI DI SLB E PRAYUWANA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan empati anak tunalaras. Kemampuan
empati anak tunalaras ditingkatkan melalui penerapan metode role playing. Penelitian ini merupakan
penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian adalah seorang anak tunalaras kelas VI di SLB E
Prayuwana. Setting yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lingkungan dalam kelas dan lingkungan di
luar kelas. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan dua siklus dalam waktu selama satu bulan.
Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode observasi, kuesioner, dokumentasi, dan
wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa kemampuan empati anak tunalaras dapat ditingkatkan melalui penerapan
metode role playing. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya nilai perilaku empati dari 48,3 pada saat
pre-test kemudian menjadi 63,3 pada saat siklus I, dan menjadi 76,7 pada siklus II. Perilaku yang
ditunjukkan, seperti halnya siswa bersedia bermain peran dengan teman kelasnya dengan ekspresi senang,
siswa memperhatikan ketika guru sedang menerangkan, siswa patuh terhadap perintah guru, dan perilaku
siswa yang suka memukul meja dengan alat tulisnya sekarang sudah berkurang. Sedangkan pemahaman
empati siswa meningkat dari 66,7 pada saat pre-test kemudian menjadi 80 pada saat siklus I, dan
meningkat menjadi 86,7 pada saat siklus II dengan keterangan sangat baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: