PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI ANAK AUTIS KELAS III DI SEKOLAH DASAR TAMAN MUDA IBU PAWIYATAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan pembelajaran matematika bagi anak
autis kelas III di Sekolah Dasar Taman Muda Ibu Pawiyatan Yogyakarta; (2) Faktor pendukung dan
penghambat dalam pembelajaran matematika anak autis; (3) Prestasi belajar matematika anak autis.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, guru
pendamping khusus (GPK), dan guru pendamping (shadow teacher). Pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini
memperoleh hasil: (1) Proses pembelajaran matematika bagi anak autis dilaksanakan di kelas inklusif
oleh guru kelas yang dibantu GPK dan shadow teacher. Tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran
yang digunakan sama antara siswa reguler dan siswa autis. Pada proses pembelajaran matematika anak
autis didampingi oleh shadow teacher dan menggunakan pendekatan secara individual. Evaluasi yang
digunakan adalah tes secara tertulis dan lisan yang disesuaikan dengan kemampuan anak. (2) Faktor
pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran matematika anak autis terdiri dari faktor
anak, guru, dan lingkungan. (3) Prestasi belajar anak autis masih kurang optimal, hal tersebut dilihat dari
segi pengetahuan dan pemahaman anak autis yang masih memerlukan pendampingan dari GPK dan
shadow teacher.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: