PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN UANG PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN MELALUI PEMBELAJARAN BERBELANJA DI KANTIN PADA KELAS IV SEKOLAH DASAR LUAR BIASA DI SEKOLAH LUAR BIASA TUNAS BHAKTI PLERET BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan uang peserta didik tunagrahita katagori ringan melalui pembelajaran berbelanja di kantin pada kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu tiga anak tunagrahita kategori ringan kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan penggunaan uang, observasi terhadap partisipasi siswa, dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan antara skor tes pra tindakan dan skor tes pasca tindakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kantin dapat meningkatkan kemampuan penggunaan uang pada anak tunagrahita kategori ringan kelas IV Sekolah Dasar Luar Biasa di Sekolah Dasar Luar Biasa Tunas Bhakti Pleret Bantul. Peningkatan pada ketiga subjek adalah Ds mengalami peningkatan 33% dengan katagori baik, Fs mengalami peningkatan 40% dengan katagori baik dan Dn mengalami peningkatan 35% dengan katagori sangat baik serta semua subjek sudah mencapai kriteria keberhasilan yaitu sebesar 70. Proses peningkatan penggunaan uang tersebut dimulai dari siswa menunjukkan mata uang logam, siswa menunjukkan mata uang kertas, siswa mengidentifikasikan mata uang ke dalam kotak sesuai dengan nominalnya, siswa membedakan antara uang logam dan kertas, pembelajaran dilanjutkan dengan mensimulasikan kegiatan jual beli di kelas, dan terakhir mempraktekkan kegiatan berbelanja di kantin.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: