PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL RAMBU LALU LINTAS MELALUI PENERAPAN PRETEND PLAY PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SDLB DI SLB MUHAMMADIYAH DEKSO KULONPROGO
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk 1) meningkatkan proses pembelajaran pengembangan diri mengenal rambu lalu lintas dengan metode pretend play, 2) meningkatkan kemampuan mengenal rambu lalu lintas pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek adalah anak tunagrahita ringan kelas III SDLB di SLB Muhammadiyah Dekso Kulonprogo yang berjumlah 3 anak terdiri dari 2 anak laki-laki yang berinisial DR, AR, dan 1 anak perempuan dengan inisial SDR. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pretend play dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan mengenal rambu lalu lintas pada anak tunagrahita ringan. Peningkatan pada subjek DR dari pra tindakan sampai siklus II sebesar 52,5% meliputi kemampuan mengenal rambu lampu lalu lintas, dilarang dan diperbolehkan parkir, dilarang masuk, dilarang dan diperbolehkan stop. Kemampuan SDR dari pra tindakan sampai dengan siklus II meningkat 52,5% kemampuan yang meningkat meliputi mengenal rambu lampu lalu lintas, diperbolehkan dan dilarang parkir, diperbolehkan dan dilarang stop, dilarang masuk. Kemampuan AR dari pra tindakan sampai siklus II meningkat 50%, kemampuan tersebut meliputi mengenal rambu lampu lalu lintas, dilarang parkir, dilarang stop, dilarang masuk. Hasil tindakan siklus 2 masing-masing subjek menunjukkan bahwa hasil meningkat dan dapat melampaui nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 75 sehingga tindakan dihentikan karena sudah mencapai indikator keberhasilan.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: