PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK BERKESULITAN BELAJAR KELAS III DI SD BANGUNREJO II YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman
untuk anak berkesulitan belajar kelas III di SDN Bangunrejo II Yogyakarta, serta untuk mengungkap
hambatan pelaksanaan pembelajaran membaca pemahaman untuk anak berkesulitan belajar.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengungkap
pelaksanaan pembelajaran membaca untuk anak berkesulitan belajar. Subyek penelitian ini adalah anak
berkesulitan mebaca pemahaman kelas III di SD Inklusi Bangunrejo II. Data diperoleh melalui observasi,
wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga kegiatan utama yakni: reduksi data,
display data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam menjelaskan kata-kata sukar
dalam bacaan. siswa akan memahami kata-kata sukar dalam bacaan jika dijelaskan oleh guru maupun
oleh guru pendamping khusus. Siswa masih kesulitan dalam mengerjakan pertanyaan bacaan, kerena
siswa merasa pertanyaan bacaan susah. Siswa juga sering bermain dan bercanda ketika pembelajaran
membaca pemahaman sehingga kehabisan waktu dalam mengerjakan dan membutuhkan waktu yang
lebih dalam mengerjakan pertanyaan bacaan. Siswa belum mampu dalam menyimpulkan kembali isi
bacaan. Ketika diminta untuk menyimpulkan kembali isi bacaan siswa akan menunjuk kalimat pertama
dalam bacaan sebagai kalimat utama. Pembelajaran belum mengarah pada pembelajaran yang aktif. Guru
memberi tindakan dengan menjelaskan kata-kata sukar dalam bacaan. Guru belum bisa menkondisikan
kelas, sehingga siswa masih sering gaduh dan bermain-main sendiri. Guru memberi tindakan dengan
meminta siswa menggaris-garis kalimat pertama sebagai kalimat utama.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal telah terindeks: